Cara Mengatasi Batuk Pada Bayi

Metode menanggulangi batuk pada bayi wajib dikenal oleh tiap orang tua. Terlebih lagi, oleh orang tua yang baru memiliki balita. Menanggulangi batuk pada balita hendak sangat berbeda dengan menanggulangi batuk pada orang berusia. Bila orang berusia hadapi batuk, kita cuma wajib mempersiapkan obat batuk, hingga dengan begitu batuk dapat teratasi. Berbeda dengan balita, kita tidak dapat sembarangan membagikan penindakan. Segalanya memanglah betul- betul terkhusus buat perawatan balita.

Cara Menangani Batuk Pada Bayi

Ketika bayi yang begitu lucu dan kita kasihi sakit, maka kita akan merasa sedih dan tidak enak hati. Apalagi, jika sakit tersebut betul-betul dapat mengganggunya, seperti sakit batuk. Kita ingin segera melakukan tindakan yang cepat untuk bisa mengatasi semua permasalah batuk yang dideritanya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batuk pada bayi :

  • Mengunjungi Dokter Anak
    Ini merupakan langkah paling tepat jika orang tua betul-betul tidak tahu apa yang harus dilakukan, untuk mengatasi batuk pada anaknya. Dari pada melakukan tindakan yang salah, maka akan jauh lebih baik membawa bayi yang sakit batuk ke dokter. Dokter akan memberikan resep obat yang khusus bisa digunakan dan bekerja efektif pada tubuh bayi.
  • Beri Minum Cukup
    Bayi yang sudah bisa diberikan makanan/minuman selain ASI, sebaiknya diberikan cairan dan juga jus. Cairan yang masuk ke dalam kerongkongan bayi, dapat membuat lendir menjadi encer dan mudah dikeluarkan oleh sang bayi.
  • Beristirahat
    Pastikan bayi Anda beristirahat dengan waktu terjadwal, hal ini karena istirahat dapat membuat kondisinya menjadi lebih pulih. Hal ini bukan berarti Anda akan mengurungnya, hanya saja untuk mengurangi jam main, supaya batuknya tidak semakin parah.
  • Memberikan Madu
    Bayi yang sudah satu tahun, bisa diberikan madu yang dicampurkan dengan air hangat. Madu mempunyai khasiat yang sangat luar biasa, untuk mengatasi batuk. Namun harus jadi perhatian serius, jangan berikan madu, jika usia bayi masih di bawah satu tahun.
  • Hindari Asap
    Asap merupakan sesuatu yang sangat buruk untuk terhirup, apalagi oleh anak bayi yang sedang mengalami batuk. Sebaiknya hindari asap dan juga berbagai polusi lain. Dengan demikian, batuk yang diderita oleh anak bayi, tidak semakin parah.
  • Atasi Hidung Tersumbat
    Hidung tersumbat pada bayi dapat membuatnya semakin tidak nyaman, apalagi dengan batuk. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus sigap menghilangkan penyumbatan di hidung. Cara untuk mengatasi hidung tersebut sudah dijelaskan pada artikel, di sini.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak

Apa Saja Penyebab Batuk Pada Bayi?

Batuk pada bayi mempunyai berbagai penyebab. Beberapa biang keladi inilah yang harus ditangani, supaya tidak lagi menyerang anak bayi. Dengan begitu, anak jadi lebih kuat dan terhindar dari batuk. Berikut beberapa penyebab batuk pada bayi :

  • Infeksi bakteri
  • Infeksi virus
  • Alergi
  • Asma
  • Refluks asam
  • Aspirasi (benda asing masuk ke jalan nafas)
  • Iritasi

Beberapa masalah kesehatan tersebut bisa menjadi penyebab batuk pada anak. Dengan demikian, sebaiknya perhatikan beberapa cara di atas, agar tidak menjadi penyebab.

Jika batuk pada bayi disertai dengan gejala lain, sebaiknya orang tua segera membawanya ke dokter. Hal ini emang sangat patut diwaspadai, bisa jadi timbul masalah yang begitu serius. Ada banyak gejala yang bisa terjadi, jika ada masalah serius. Untuk itu, jika Anda pikir ada sesuatu yang tidak beres, bersamaan dengan batuknya anak Anda, maka kita sebagai orang tua harus segera membawanya ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post